Re-Akreditasi Ilmu Komunikasi UHO, Asesor Datang Lebih Awal

KENDARI - Tim asesor yang diutus Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) untuk melakukan penilian di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO) datang lebih awal.

Penilaian yang sedianya dilaksanakan pada Senin dan Selasa (28-29/10/2013) ini, ternyata dimulai sehari sebelum waktu yang ditetapkan. "Kami tidak pernah menduga tim asesor akan memulai penilainnya kemarin. Jadwalnya kan hari ini dan besok, tapi mereka datang lebih awal," terang Marsia Sumule, Kepala Laboratorium Ilmu KOmunikasi dan Jurnalisitk FISIP UHO, ketika ditemui KendariNews.com, Senin (28/10/2013).

Menurut Marsia, inspeksi yang tidak sesuai jadwal memang sudah menjadi tipikal tim asesor. "Mereka menghindari kesan seperti merencanakan kedatangannya. Mereka datang sebelum waktunya dan menginspeksi jauh sebelum kita siap. Tapi di sini, kami jauh lebih siap dari mereka," lanjutnya dengan bangga.

Ia menambahkan, kedatangan tim asesor ini adalah untuk mengecek secara langsung kebenaran isi borang yang sudah dikirim ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (dikti) beberapa waktu yang lalu. "Apa yang kami tulis di borang adalah kondisi riil yang ada di Jurusan Komunikasi. Jadi ketika mereka datang mereka dapat melihat kenyataannya. mereka juga melihat kondisi fakultas secara menyeluruh, karena ini mendukung kondusifnya proses belajar mengajar" tambah Marsia.

Untuk menaikkan akreditasi pihaknya sudah melakukan berbagai upaya. Misalnya mengeksplorasi potensi laboratorium. "Kelayakan Lab menjadi salah satu poin penilaian, karena itu dengan peralatan yang terbatas, kami mencoba melakukan banyak inovasi. Kami berharap setelah ini akreditasi bisa A, karena sekarangkan masih B. kalau tidak A, ya minimal B gemuk lah," katanya.

Selain Kelayakan Laboratorium, kualitas tenaga pengajar dan mekanisme belajar mengajar juga menjadi poin penting yang dinilai oleh BAN-PT.



Editor: Taya
Reporter: Ika Sartika

0 komentar:

Posting Komentar