Profil Psikologis Khalayak

Aspek profil psikologis khalayak dapat dibagi menjadi tiga bagian yakni sikap, minat dan pendapat. Pada bagian ini akan dijelaskan tentang ketiga aspek tersebut. 


Sikap
   
Head dan Sterling sebagaimana yang dikutip oleh Morissan (2011: P: 204) menyatakan bahwa sikap audien atau khalayak terhadap pola menonton televisi sangat dipengaruhi oleh karakteristik defemografis mereka. Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut yakni:
  1. Usia; diantara kelompok penonton dewasa, maka waktu menonton semakin panjang seiring dengan pertambahan umur.
  2. Pendidikan; waktu menonton semakin berkurang seiring dengan pertambahan pendidikan.
  3. Keluarga; keluarga besar menonton lebih sedikit dibandingkan keluarga kecil.
  4. Pekerjaan; pekerja rendahan menonton lebih banyak daripada kaum professional.
  5. Tempat tinggal; penduduk Kota lebih banyak menonton dibandingkan penduduk desa.
  6. Jenis kelamin; wanita lebih banyak menonton dibandingkan pria.

Minat

   
Acara apakah yang disukai oleh audien? Pertanyaan inilah yang selalu menjadi pemikiran bagi pengelola program media penyiaran. Pertanyaan tersebut sangat sederhana namun sangat penting. Dalam kenyataannya ternyata tidaklah mudah menentukan apa yang tidak disukai audien. Mereka yang mencari jalan pintas mengatakan apa yang disukai audien adalah acara-acara yang mengekploitasi sensualitas dan kekerasan. Di Indonesia, selain dua tema tersebut, tema-tema seputar mistik juga disukai audien.
   
Pengelola program media penyiaran sudah tentu tidak dapat menyusun programnya menurut selera sendiri. Selera staf bagian program tidak dengan sendirinya merupakan selera masyarakat umum. Pengelola program mungkin mempunyai selera yang sangat baik, bergaya dan berkelas dalam memilih suatu acara, tetapi itu bukan jaminan bahwa publik akan menyukai acara tersebut. Setiap siaran umumnya ditujukan untuk audien, bukan untuk penyiar, pengelola program, atau pemilik media penyiaran.
   
Pendapat
   
Mengetahui secara persis tentang yang dibutuhkan audien merupakan hal yang penting, tidak menghadirkan acara dengan materi atau kemasan baru tetapi isinya tetap lama.

1 komentar:

Posting Komentar